Artikel

Kerupuk Kangkung Dewa Emas

Siapa yang tak kenal dengan makanan kecil yang disebut kerupuk? Kerupuk dikenal baik di segala usia maupun tingkat sosial. Kerupuk mudah diperoleh di segala tempat, baik di toko kecil hingga hotel berbintang. Di Desa Wisata Kemasan, ada home industri yang juga membuat kerupuk. Tetapi, kerupuk ini khas karena terbuat dari bahan dasar kangkung.

Kerupuk kangkung
Industri kerupuk tergolong industri kecil atau rumah tangga. Akan tetapi jika serius dikembangkan, industri tersebut dapat menjadi industri padat karya yang mampu meningkatkan pendapatan pengusaha dan tenaga kerja di sekitarnya. Pada hakikatnya, industri kerupuk hanya membutuhkan keterampian dan kreativitas. Inilah yang disadari bertul oleh para mompreneur dari Desa Kemasan, salah satunya Bu Marsih. Dengan sedikit sentuhan kreativitas Bu Marsih, ia mampu menyulap kangkung, tanaman yang menjadi ciri khas Dewa Emas, menjadi kerupuk.

Kerupuk kangkung di Desa Wisata Kemasan
Berikut ini beberapa langkah singkat dalam membuat kerupuk.
1. Pemilihan
Sebagai bahan baku pembuatan kerupuk kangkung, haruslah dipilih kangkung yang berkualitas baik, bebas dari bercak-bercak yang bisa menjadi indikasi serangan hama dan penyakit.
2. Pencucian
Pencucian dilakukan pada kangkung yang telah dipilih. Untuk mendapatkan kangkung yang benar-benar bersih, dapat digunakan pembersih yang berlabel "food grade".
3. Pengirisan atau penghalusan
Setelah dibersihkan, kangkung kemudian diiris-iris dan dihaluskan. Penghalusan harus disegera dilaksanakan agar kangkung tidak mengalami perubahan warna yang dapat berakibat pada penurunan kualitas kerupuk kangkung.
4. Penggaraman dan penambahan rasa
Gumpalan ampas sisa pemerasan dihaluskan hingga menyerupai erbuk ampas. Kemudian hasil pengendapan dicampurkan dengan serbuk ampas tersebut dan ditambahkan pula garam serta bumbu-bumbu yang lain sesuai rasa yang diinginkan. Tetapi umumnya, kerupuk hanyalah ditambahkan rasa asin atau gurih saja.
5. Pencetakan
Adonan kerupuk kangkung dicetak dengan cara  tangan. Adonan dibentuk menurut kebutuhan dan keinginan. Kemudian dibungkus dengan lembaran plastik atau daun pisang atau lainnya.
6. Pengukusan
Pengukusan dilakukan selama kira-kira 30 menit  sampai adonan tersebut matang. Untuk mengetahui adonan kerupuk matang, dapat dilakukan dengan cara ditusuk dengan lidi pada adonan tersebut, bila adonan tidak lengket pada lidi berarti adonan tersebut sudah matang.
7. Pemotongan dan pengeringan
Adonan kerupuk kangkung yang sudah matang didinginkan pada suhu ruang selama 1 hari. Tujuannya agar kerupuk menjadi keras. Kerupuk kangkung selanjutnya dikeringkan dengan dijemur di bawah sinar matahari dengan menggunakan rak penjemuran dari bambu. Lama pengeringan kira-kira satu sampai dua hari.

Nah begitu tadi kira-kira proses pembuatan kerupuk kangkung. Tapi tidak perlu khawatir jika Anda terlalu repot untuk membuatnya, karena di Desa Kemasan, kami sudah menyiapkannya untuk Anda. Silakan saja datang ke Resto Dewa Emas atau langsung menghubungi Bu Marsih via FBnya (klik di sini).

1 comment:

  1. salam,
    mendapat informasi tentang desa wisata kemasan (dewa emas) kecamatan sawit dari teman istri saya yang kebetulan tinggal di daerah tersebut...
    saya tanyakan apa sudah ada alamat portalnya, dijawabnya sudah, setelah bertanya saya mencoba untuk searching alamat yang diberikan dan sedikit berselancar ke berbagai konten yang disediakan, sederhana sih memang, tapi saya melihat potensi yang bisa dikembangkan masih terbuka luas, walaupun harus kontinu dan rutin dalam melakukan up dating..... fasilitas prasarana dan macam tawaran untuk mendongkrak destinasi ....

    usai membuka website yang di informasikan tadi, terbersit dalam benak saya untuk mencoba mendapatkan informasi akurat dan detil perihal obyek wisata dewa emas, untuk saya coba angkat dan informasikan ke khalayak yang lebih luas.....

    ini alamat email saya ianprast@gmail.com
    jurnalis di audio beberapa tabloid dan pengelola sosmed sejumlah perusahaan serta konsen mengembangkan portal berita http://www.jatengonline.com

    matur nuwun semoga berkenan

    ReplyDelete

Copyright © 2018 Dewa Emas | Wpcoderx Template

Theme images by richcano. Powered by Blogger.