Artikel

Studi Banding ke Umbul Ponggok

Sehubungan dengan akan dimulainya pembangunan kolam pemandian baru di Dewa Emas, maka kami secara independen melakukan studi banding ke kolam pemandian yang sekarang ini sedang terkenal, yaitu Umbul Ponggok, yang ada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Bagaimana kesan kami saat berada di sana? Kami akan tuliskan dalam artikel ini.

Suasana umbul Ponggok
Harga tiket masuk adalah Rp8.000,00 per orang. Mungkin karena sedang hari libur lebaran jadi harganya naik. Sebab salah satu dari kami yang dulu pernah ke sini, harga tiket masuk hanya Rp3.000,00 per orang. Setelah melewati gebang pemeriksaan tiket, kami langsung menyewa alat snorkeling. Inilah wisata utama yang ditawarkan oleh umbul Ponggok. Kami menyewa snorkel dan pelampung. Sebenarnya disediakan juga kaki katak dan kamera underwater tetapi sudah habis disewa pengunjung yang begitu banyak.

Klik gambar untuk memperbesar
Dari permukaan, umbul Ponggok ini terlihat biasa-biasa saja. Sama seperti pemandian umum lainnya. Tetapi dengan adanya penyewaan alat snorkeling, kita tahu bahwa ada sesuatu di bawah air umbul ponggok yang bisa kita nikmati.
Memang kurang rasanya jika kita menyelam ke bawah air tidak mengambil gambarnya. Kamera underwater yang disewakan sudah habis. Sedangkan kami hanya membawa kamera digital Nikon Coolpix S3300 yang akan langsung game over jika di bawa ke air. Ternyata di sekitar kolam umbul Ponggok sudah ada yang jualan plastik pelindung kamera. Harganya Rp20.000,00 - Rp25.000,00 dan kamera kami sudah menjadi kamera bawah air.

Plastik pelindung kamera untuk memotret di bawah air
Hasilnya memang tidak bisa dianggap gambar professional tapi cukup layak lah diupload di media sosial untuk sekedar sharing gambar. Berikut ini beberapa gambar yang berhasil kami ambil.

Suasana bawah air di umbul Ponggok
Lumayan, kan. Menurut informasi, kedalaman umbul Ponggok berkisar antara 1,6 meter hingga 3 meter. Cukup dalam bagi anak-anak. Namun di sana juga disediakan kolam anak. Di umbul Ponggok juga disediakan panggung hiburan.

Panggung hiburan yang disediakan di umbul Ponggok
Mungkin tiap beberapa waktu ada pertunjukan musik dan sebagainya. Namun saat kami ke sana, pertunjukan musiknya belum dimulai. Dari kunjungan kami tersebut, setidaknya menambah wawasan kami mengenai apa yang akan Dewa Emas kembangkan terhadap kolam pemandian yang sedang dalam proses pembangunan ini.
Demikian kilas pandang kami setelah studi banding ke umbul Ponggok. Semoga infonya bermanfaat bagi kawan-kawan yang juga berencana ke sana.

2 comments:

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak. Terima kasih sudah menyempatkan diri membaca :-)

      Delete

Copyright © 2018 Dewa Emas | Wpcoderx Template

Theme images by richcano. Powered by Blogger.