Artikel

Desa Kemasan Desa Agraris

Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Jika Negara Indonesia disebut negara agraris, maka Desa Kemasan juga bisa disebut Desa Agraris. Sebagian besar wilayah Desa Kemasan masih berupa lahan pertanian, khususnya tanaman padi. Selain di Dukuh Tangkisan, lahan pertanian untuk tanaman padi juga banyak terdapat di Dukuh Maron, Tegal Miring, Tegal Joli, dan sekitarnya.

Salah satu area persawahan di Desa Kemasan
Dalam bidang pertanian, irigasi merupakan hal penting yang harus diperhatikan para petani. Irigasi adalah jumlah air yang dialirkan ke dalam lahan pertanian untuk menunjang proses pertumbuhan tanaman. Irigasi juga bisa diartikan sebagai usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi rawa.

Sungai yang bersumber dari Umbul Tirmomulyo untuk irigasi
Di Desa Kemasan, sumber air untuk irigasi berasal dari Umbul Tirtomulyo yang dialirkan ke lahan-lahan pertanian melalui aliran sungai yang menyusuri Desa Kemasan. Irigasi untuk setiap lahan pertanian umumnya dilakukan secara berkala. Apa maksudnya? Irigasi berkala adalah cara pemberian air irigasi ke lahan sawah tidak secara terus menerus melainkan berselang seling.
Adapun manfaat dari irigasi berkala antara lain:
  1. memberikan kesempatan bagi akar untuk mendapatkan aerasi (penambahan oksigen) yang cukup untuk perkembangan akar,
  2. mencegah keracunan besi pada tanaman padi,
  3. mencegah penimbunan asam-asam organik dan gas H2S yang dapat menghambat perkembangan akar,
  4. menaikkan suhu tanah dan membatasi perpanjangan ruas batang sehingga tanaman padi tidak mudah rebah,
  5. mengurangi jumlah anakan tanaman padi yang tidak produktif,
  6. menyeragamkan pemasakan gabah dan mempercepat masa panen,
  7. menghemat penggunaan air irigasi.
Kita perlu tahu bahwa tanaman padi bukanlah tanaman air sehingga irigasi berkala adalah metode yang tepat untuk mengairi tanaman tersebut. Tanaman padi dapat tumbuh di tanah tergenang air dan akan tumbuh lebih baik pada tanah yang tidak tergenang. Padi merupakan satu jenis tanaman yang tahan terhadap penggenangan.
Ingin tahu bagaimana rasanya menanam padi secara langsung? Ingin mempraktikkannya sendiri mulai dari membajak sawah hingga menanam bibit padi? Datang saja ke Desa Wisata Kemasan dan pilihlah paket edukasi. Kita akan menjelaskannya secara fun dan berkesan di hati Anda. Kami tunggu kedatangannya di Dewaemas!

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 Dewa Emas | Wpcoderx Template

Theme images by richcano. Powered by Blogger.