Artikel

PAKEM 2016

Dalam rangka menjaga eksistensi dan meningkatkan kualitas promosi Dewa Emas (Desa Wisata Kemasan), kami selalu menyelenggarakan event-event untuk mendukungnya, salah satunya adalah Pekan Raya Kemasan 2016 atau PAKEM 2016.

Pekan Raya Kemasan ini adalah yang kedua kali diselenggarakan. Kali ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersedia menjadi sponsor utama event ini. PAKEM 2016 mengambil tema "bersama dalam kreasi dan inovasi" dan terdiri dari berbagai lomba dan acara lainnya.
Acara dimulai dari tanggal 3 Juli 2016 dengan Lomba Kompetisi Santri tingkat anak-anak se-Kecamatan Sawit. Lomba ini terdiri dari 2 sublomba, yaitu lomba hafalan Alquran dan sambung ayat. Lomba diselenggarakan di Pendopo dan Gazebo Dewa Emas.

Lomba kompetisi santri
Lomba kedua berlangsung pada Senin, 4 Juli 2016. Kali ini Lomba Mewarnai tingkat KB/TK dan SD se-Kecamatan Sawit. Lomba ini diselenggarakan di Pendopo Dewa Emas dan diikuti oleh berbagai KB/TK dan SD di seluruh Kecamatan Sawit.

Lomba mewarnai
Tepat sehari sebelum lebaran atau Selasa, 5 Juli 2016, dari Padi Emas membuat acara akustikan di depan Pendopo Dewa Emas.

Akustikan plus ngabuburit
Setelah jeda lebaran, acara PAKEM 2016 dilanjutkan pada Sabtu, 9 Juli 2016 dengan Lomba Rondha Tektek. Lomba ini diikuti oleh berbagai dukuh atau RT yang ada di Desa Kemasan. Lomba berlangsung meriah dan tentunya menambah wawasan terutama kaum muda tentang rondha.

Lomba rondha tektek
Lomba dilanjutkan esoknya, yaitu Lomba Ciblon yang laksanakan Minggu, 10 Juli 2016 di kolam renang besar Dewa Emas. Lomba ini diikuti oleh RT-RT yang ada di Desa Kemasan dengan terbagi menjadi kelompok putra dan putri. Apa itu ciblon? Ciblon adalah semacam permainan air, biasanya dilakukan saat mandi disungai atau kolam air, dengan "mengaduk-aduk" air sedemikian rupa sehingga tercipta bunyi-bunyian.
Siang harinya di hari yang sama, Lomba Ciblon dilanjutkan dengan Lomba Renang. Lomba ini terdiri dari dua gaya, yaitu gaya skroll dan gaya dada. Ternyata banyak peserta yang tidak menuntaskan lomba karena tidak melakukan pemanasan terlebih dulu. Sebagian peserta menyerah sebelum finish. Akan tetapi, acara tetap berlangsung meriah.

Lomba ciblon
Acara kemudian jeda selama 2 hari. Pada Rabu, 13 Juli 2016, PAKEM 2016 ini diakhiri dengan acara pentas seni sekaligus penyerahan hadiah lomba-lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya. Pentas seni diisi oleh grup rondha tektek, Padi Emas, band-band musik lokal, dan juga campur sari.

Pentas seni
Untuk mendukung semaraknya pentas seni, dari panitia juga menyelenggarakan kuliner gratis untuk pada pengunjung. Para pengunjung dapat mengambil kupon di tempat acara, lalu bisa memilih kuliner yang telah disediakan.
Festival kuliner gratis
Terima kasih kami sampaikan kepada warga Desa Kemasan dan sekitarnya yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam acara Pekan Raya Kemasan 2016 ini. Semoga tahun depan acara seperti ini bisa kami selenggarakan lagi dengan lebih meriah.
Untuk galeri foto lebih lengkap mengenai PAKEM 2016 ini, silakan ikuti kami perkembangan kami di:
Jangan lupa klik like/suka fanpage Facebook kami tersebut ya!

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 Dewa Emas | Wpcoderx Template

Theme images by richcano. Powered by Blogger.