Artikel

Jamu Beras Kencur

Jamu yang dulu dinikmati oleh orang tua, sekarang menjadi minuman segala usia. Jamu beras kencur adalah salah satu minuman jamu yang kini menjadi terkenal karena rasanya yang cocok di lidah segala usia. Tidak seperti jamu daun pepaya, jamu beras kencur lebih manis dan baunya khas.

Klik gambar untuk memperbesar
Manfaat dari jamu beras kencur adalah sebagai minuman hangat pelega dahaga yang juga mampu menyembuhkan keletihan, menambah nafsu makan, mengobati sait tenggorokan, pegal-pegal, dan menyegarkan badan. Para ibu juga menjadikan beras kencur sebagai obat alternatif ketika anak-anaknya sakit.
Jamu yang tadinya khusu dibuat untuk konsumsi keluarga, di Desa Wisata Kemasan dikembangkan menjadi usaha skala rumah tangga. Keterampilan untuk membuat jamu ini dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan.
Jamu beras kencur merupakan minuman segar hasil ramuan berbagai macam bahan. Hampir dipastikan sekarang tidak ada orang yang tidak mengenal jamu ini. Konsmen jamu beras kencur sudah merata di segala lapisan dan golongan masyarakat.
Untuk membuat jamu, pada prinsipnya dibutuhkan bahan pokok, zat aditif penambah cita rasa, dan bahan lain penambah khasiat. Namun jika Anda tidak mau repot-repot membuatnya, kami sudah menyediakannya di Dewaemas. Silakan datang dan kunjungi kami!

http://www.desawisatakemasan.com/p/blog-page_18.html

Namun jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri, maka lebih dulu siap berbagai bahan, seperti  1 kg beras, 25 genggam kencur, 50 jari jahe, 50 jari asam jawa, 10 potong kayu manis, 2,5 kg gula jawa, 150 butir botor (biji kecipir tua dan kering), 150 butir kedawung, 150 butir cengkih, 150 butir kapulaga, dan 150 gelas air matang. Cara pembuatannya:

1. Beras dicuci bersih, lalu direndam dengan air panas selama 30 menit, kemudian tiriskan.
2. Kencur dicuci bersih, direbus, lalu diparut.
3. Jahe dicuci bersih, dibakar sesaat, dikuliti, lalu diparut.
4. Asam jawa diseduh dengan air masak, lalu disaring untuk diambil sarinya.
5. Gula jawa diiris tipis, kemudian dipanaskan dengan air sampai mencair, lalu disaring.
6. Boto, kedawung, cengkih, kayu manis, dan kapulaga disangrai.

Setelah semua dilakukan, botor, kedawung, cengkih, kayu manis, dan kapulaga tadi dicampur dan ditumbuk halus. Hasil tumbukan itu dicampurkan dengan parutan kencur, parutan jahe, sari asam jawa, dan cairan gula jawa. Tambahkan air masak sedikit demi sedikit sembari diaduk-aduk merata. Lalu saring dan peras dengan penambahan air sedikit demi sedikit.
Ambil gelas atau wadah lainnya. Hasil saringan yang berupa beras kencur tadi dimasukkan ke gelas atau wadah tersebut. Beras kencur siap dikonsumsi!

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 Dewa Emas | Wpcoderx Template

Theme images by richcano. Powered by Blogger.