Artikel

Tanaman Kangkung

Kangkung (Ipomoea aquatica) adalah tanaman khas yang ada di Dewa Emas, khususnya di Dukuh Mungup. Apakah Anda sudah tahu tanaman kangkung? Kangkung termasuk sayuran dan sering dijadikan lauk untuk makan.
Klik gambar untuk memperbesar
Kangkung dapat tumbuh pada daerah yang berair. Tanaman ini di panen dalam jangka waktu antara 1 hingga 1 setengah bulan sejak masa tanam benih. Sedangkan jika kita hanya memetik ujungnya saja, maka kangkung dapat tumbuh lagi dalam waktu 7 sampai 10 hari saja.
Bagian tanaman kangkung yang mengandung banyak gizi terletak pada batang muda dan pucuknya. Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi karena di dalamnya terdapat berbagai vitamin, antara alin A, B1, C, K protein. Kangkung juga mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, mineral dan zat penting seperti zat besi, kalsium, fosfor, asam amino dan karoten juga terdapat pada tanaman ini.
Tanaman kangkung ada 2 varietas, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Ada beberapa perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air, salah satunya terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat bunga putih bersih. Di Dewaemas, varietas kangkung yang dibudidaya para petani adalah kangkung air.
Banyak orang percaya bahwa memakan kangkung dapat menyebabkan kantuk. Ternyata pernyataan ini masih seputar mitos dan belum dibuktikan secara ilmiah.Namun, fakta yang paling mendekati mitos tersebut adalah terdapatnya zat sedaktif pada kangkung yang dapat menenangkan dan membuat pikiran relaks sehingga berpotensi mengantuk dan tertidur karena tubuh yang nyaman. Akan tetapi efek tersebut tidak berlaku untuk semua orang karena tingkat respon setiap manusia berbeda-beda. Ada yang hanya menyantap 3 sendok kangkung saja langsung merasa kantuk, tetapi ada juga yang makan kangkung lebih dari itu tetap terjaga.
Tetapi tahukah kamu, bahwa ternyata di Amerika, kangkung adalah tanaman ilegal? Mengapa? Karena kangkung mengandung suatu senyawa yang disebut Alkaloid Ergoline, yang diklasifikasikan sebagai Hallucinogens.
Namun begitu, ternyata tanaman kangkung banyak sekali manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman kangkung bagi kita.
  1. Menetralkan racun.
  2. Banyak mengandung zat besi dan mineral.
  3. Kaya akan serat.
  4. Membuat tidur lebih nyenyak dan mencegah insomnia.
  5. Mencegah penyakit diabetes
Dalam mengonsumsi kangkung, kita harus bisa mengolahnya dengan benar agar kandungan gizinya tidak hingga. Berikut ini tips memasak kangkung:
  1. Pilihlah kangkung yang masih segar dan tidak terlalu tua.
  2. Sebaiknya kangkung jangan dikonsumsi setelah semalam sejak kangkung diolah karena mengandung enzim perokside yang bersifat sebagai perusak.
  3. Cucilah kangkung dengan bersih sebelum dipetik/dipotong untuk tetap mempertahankan nilai gizi.
  4. Jangan memasak terlalu lama dan juga pada api yang terlalu panas karena dapat menghilangkan kandungan gizinya.
Demikian tadi penjelasan singkat tentang tanaman kangkung. Ingin mencoba menu masakan kangkung? Datanglah ke Dewa Emas. Anda juga dapat langsung memetik kangkung sendiri. Kami tunggu kedatangan Anda!

2 comments:

  1. josss,,,update terus dong setiap kegiatan baruu (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya. kami selalu berusaha meng-update rutin.

      Delete

Copyright © 2018 Dewa Emas | Wpcoderx Template

Theme images by richcano. Powered by Blogger.